Apa Itu Sakit Kepala Sebelah atau Migren ??

Tuesday, October 14th 2014. | Migren

Sakit kepala sebelah atau disebut juga dengan migren adalah salah satu penyakit dimana terjadi sakit di salah satu bagian kepala, dan biasanya juga di barengai dengan pegal mencengkram di bagian kepala belakang.
Sakit kepala sebelah adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain atau sakit kepala sebelah kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan sakit kepala sebelah.

Ada berapa macam sakit kepala sebelah?

apa itu sakit kepala sebelahMigrain Biasa (migrain tanpa aura) : Kebanyakan penderita sakit kepala sebelah masuk ke dalam jenis ini. Obat sakit kepala sebelah biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. sakit kepala sebelah ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Sakit kepala akan sembuh dalam 4 sampai 72 jam, sekalipun tidak diobati.

Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : Pada jenis klasik, sakit kepala sebelah biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul sakit kepala sebelah. Migrain klasik merupakan 30% dari semua migrain.

PENYEBAB

Penyebab pasti migrain / sakit kepala sebelah masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula sakit kepala sebelah yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya sakit kepala sebelah.

GEJALA

Gejala Awal
Satu atau dua hari sebelum timbul sakit kepala sebelah, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jensi makanan (mislanya coklat), gampang tersinggung, dan gelisah.

Aura
Aura hanya didapati pada sakit kepala sebelah klasik. Biasanya terjadi dalam 30 menit sebelum timbulnya sakit kepala sebelah. Aura dapat berbentuk gangguan penglihatan seperti melihat garis yang bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas. Gejala aura yang lain yaitu rasa geli atau rasa kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, atau merasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung.

Sakit kepala dan gejala penyerta
Penderita merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, sering terasa dibelakang mata. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada serangan berikutnya, atau mengenai kedua belah sisi. Rasa nyeri berkisar antara sedang sampai berat. Gejala lain yang sering menyertai nyeri kepala antara lain :

  • Kepekaan berlebihan terhadap sinar, suara, dan bau
  • Mual dan muntah
  • Gejala semakin berat jika beraktifitas fisik

Gejala Akhir
Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya, lemas, atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala-gejala ini menghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.

Apa yang dapat anda lakukan di rumah?

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi frekuensi serangan dan mengurangi gejala, misalnya mengurangi stres dan mengenali pencetus migrain, kemudian menghindarinya.

  • Atasi stres yang anda alami.
  • Mengikuti latihan relaksasi untuk menguaragi ketegangan otot.
  • Buatlah catatan harian mengenai sakit kepala anda.
  • Jika anda memperkirakan bahwa sakit kepala sebelah yang anda alami mempunyai hubungan depresi atau kecemasan, cobalah minta pertolongan untuk mengatasi depresi dan kecemasan ini.
  • Berkurangnya depresi dan kecemasan terkait dengan berkurangnya frekuensi serangan sakit kepala sebelah.

Terima kasih sudah berkunjung di obatsakitkepalasebelah.net dan membaca article yang berjudul “Apa Itu Sakit Kepala Sebelah atau Migren ??”.

tags: , ,